wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Yang “Miskin” Yang Bahagia

7 September 2011 703 views No Comment Oleh

Bacaan: Lukas 6:20–26
Nats: Berbahagialah, hai kamu yang miskin (ayat 20b)
Pujian: KJ. 392:1-3

Miskin berarti tidak memiliki apa-apa yang dapat dibanggakan. “Miskin” berarti mereka yang hak-haknya tidak dipedulikan. “Miskin” adalah kelompok yang karena kemiskinannya menjadi objek untuk diperah dan diperas, dibodohi dan diperdaya, dibohongi dan dimanfaatkan. Jadi, kata miskin dalam ayat 20b memang tidak selalu berarti miskin secara ekonomi saja, tetapi juga mereka yang “miskin” di segala bidang kehidupan. Misalnya: tertindas secara politis, kultural ataupun pendidikan.

Secara duniawi orang seperti itu tidak dipedulikan. Tetapi dalam kerajaan Allah mereka sungguh amat berharga. Tuhan Yesus mengatakan merekalah yang empunya kerajaan sorga.

Kebahagiaan yang sesungguhnya adalah “memiliki kerajaan sorga”. Mereka bahagia bukan karena miskin, tetapi karena bisa menikmati kerajaan sorga itu, dimana Allah bertahta dan ada kebergantungan penuh berasal dari Allah. Tuhan Allah satu-satunya andalannya. Itulah sumber kebahagiaannya. Mereka tidak khawatir kehilangan apapun. Pada pihak lain, mereka yakin bahwa Tuhan Allah pasti menyayanginya.

Orang bahagia sesungguhnya bukan karena memiliki banyak harta, kekuasaan, dll, tetapi karena “memiliki” kerajaan sorga dalam hidupnya. Orang yang berbahagia adalah mereka yang merasa selalu dekat dengan Allah dan hanya Allah andalan hidupnya.

Bahagia yang sejati adalah jika kita merasa selalu dekat dengan Allah dan hanya mengandalkan Allah. [YM]

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.