wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Talenta

27 August 2011 3,587 views No Comment Oleh

Bacaan : Matius 25:14–30
Nats: (ay 23b)
Pujian: KJ 340

Melalui perumpamaan tentang talenta, ada tiga hal yang dapat kita pelajari: Pertama, semua hal yang kita miliki, pemberian Tuhan. Kita harus bertanggung jawab atasnya, kepada Tuhan. Dalam perumpamaan dikatakan, bahwa hamba pertama menerima lima talenta, hamba yang kedua menerima dua talenta dan hamba yang ketiga menerima satu talenta. Masing-masing diberi tanggung jawab yang khas.

Kedua, kita diberi oleh Tuhan tugas atau peranan penting yang berbeda- beda. Suatu pelajaran indah dari perumpamaan hamba-hamba tersebut yaitu tiap-tiap orang diperlengkapi oleh Tuhan dengan talenta yang berbeda-beda untuk menjalankan tugas dan peranan yang telah Tuhan percayakan kepada kita. Meski peranan atau tanggung jawab tersebut terlihat remeh atau kurang penting di mata manusia, tapi itu merupakan sesuatu yang penting dan indah bila dikerjakan untuk dan bagi kemuliaan Tuhan, untuk menyenangkan hati Tuhan.

Ketiga, kita harus setia dalam menjalankan tugas yang telah Tuhan berikan kepada kita dan kita tidak seharusnya membanding-bandingkan talenta yang kita dapat dari Tuhan. Karena masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda- beda. Membanding-bandingkan talenta hanya akan membuat kita tinggi hati atau malah sebaliknya merasa rendah diri sehingga membuat kita tidak bisa mengembangkan talenta yang ada pada diri kita. Hanya sibuk membanding-bandingkan. Sebaliknya kita harus mempertanggungjawabkan talenta yang dipercayakan oleh Tuhan. Kita harus terus berusaha memaksimalkan dan mengembangkan talenta yang kita miliki dan setia dalam mengerjakan apa yang telah Tuhan beri dan percayakan kepada kita. Tuhan akan memimpin langkah kita untuk terus bertumbuh dan maju.

Melalui perumpamaan ini marilah kita semakin bertumbuh dalam iman dan perbuatan untuk memuliakan Tuhan. [EB]

Kirimkan Artikel Ini Kirimkan Artikel Ini

Kata Kunci Artikel Ini:

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.