wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

STOP !

25 June 2012 457 views No Comment Oleh

Bacaan :  Matius 7:1-5
Pujian KJ 249:1
”Janganlah kamu menghakimi, Supaya kamu tidak dihakimi” (ayat 1)

“Malu malu dong, malu malu dong, kamu ketauan bo’ong
Malu malu malu dong, kamu ketahunan bo’ong.”

Begitulah sepenggal bait lagu yang mewakili ekspresi anak muda saat mengetahui bahwa kekasihnya berbohong. Ada kesan mengejek dari bait-bait lagu itu yang memang diciptakan jenaka untuk kalangan kaum muda.
Ekspresi mengejek juga sempat melanda media cetak dan elektronik saat ada anggota wakil rakyat yang dinilai berbohong dalam sebuah persidangan kasus korupsi. Hampir setiap hari semua media menayangkan penilaian wakil rakyat yang dicap sebagai pembohong.

Bagaimanakah dengan kita? Seberapa kita pernah atau bahkan sering memberikan penilaian yang menghakimi orang lain? Tanpa kita sadari, kadang kita merasa berhak menentukan secara spontan bahwa ini dosa dan itu salah, ini pembohong dan itu pencuri, namun melalui Firman Tuhan hari ini, kita diingatkan lagi bahwa manusia sama sekali tidak berhak memberikan penghakiman atas sesamanya. Bukankah di dunia ini juga ada pengadilan yang diatur oleh pemerintah dan bertugas menyelesaikan banyak perkara, terlepas adil atau tidak hukum yang berlaku. Tugas kita sebagai anak-anak Allah adalah tidak menghakimi orang lain, tetapi mau untuk membenahi sikap pribadi selalu lebih baik dari sebelumnya.

Kadang hal ini memang sulit untuk kita lakukan, tetapi jika damai sejahtera Allah sudah dianugerahkan bagi kehidupan kita, maka kita pun akan mampu mendatangkan damai sejahtera bagi sesama dengan cara tidak menghakimi orang lain. [RH]

“Mampu mengoreksi kelemahan pribadi adalah hal yang berharga”.

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.