wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Sama Berharganya

31 March 2015 64 views No Comment Oleh

Bacaan : Yohanes 12: 20-26.   | Nyanyian: KJ 424: 1.
Nats: Barangsiapa melayani Aku, ia harus mengikut Aku dan di mana Aku berada, di situ pun pelayan-Ku akan berada. Barangsiapa melayani Aku, ia akan dihormati Bapa.” (ay. 26)

Di mana-mana, hampir selalu seorang pelayan mendapatkan fungsi dan penghargaan yang berbeda. Fungsinya sangat penting, sebab dia adalah orang yang akan sibuk kesana-kemari dan mengerjakan banyak hal untuk membantu tuannya. Bahkan tidak jarang, tuannya bisa frustasi jika dia tidak berada di sisinya. Tetapi sayangnya, acapkali penghargaan yang diterima tidak sebanding dengan segala yang diberikan, termasuk manakala dia mengorbankan banyak hal dalam hidupnya. Itulah nasib seorang pelayan. Penting, tetapi seringkali dianggap tidak penting.

Namun, tidak demikian halnya dengan anggapan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus melihat bahwa fungsi dan penghargaan kepada pelayan-Nya sama besarnya. Di manapun Dia berada, pelayan-Nya harus setia bersama-Nya. Itu artinya, fungsi pelayan-Nya menjadi sangat penting. Dan yang membanggakan bagi setiap orang yang mau melayani-Nya adalah bahwa Bapa di sorga menghormati mereka. Berbeda dengan manusia sebagai tuan, Allah Bapa sangat menghargai dan menghormati setiap orang yang mau melayani Anak-Nya. Penghormatan itu bisa nampak dalam pemeliharaan hidup, penghiburan di kala pergumulan mendera, juga pada mengalirnya berkat di sepanjang jalan penghidupan pelayan-Nya.

Harus diakui, melayani Tuhan yang tidak kelihatan akan lebih sulit jika dibandingkan dengan melayani manusia yang kelihatan. Seorang pelayan Kristus mestilah peka dengan apa yang dikehendaki oleh Kristus untuk dilakukan. Dan untuk hal itu, kita bisa memakai Firman Tuhan sebagai panduannya. Mendahulukan kehendak Kristus sebagai “sang majikan,” sedangkan kita, ada di belakang-Nya. Ritme kehidupan kita, senantiasa mengikuti ritme kasih Kristus kepada semua orang. Dan itu membutuhkan latihan terus-menerus di sepanjang kehidupan kita. Sambil tetap percaya, bahwa untuk setiap hal yang sudah kita lakukan untuk melayani-Nya, Bapa di sorga akan selalu mencatatnya, sekalipun kita tidak pernah meminta itu kepada-Nya. Amin. [Mbing]

“Melayani Tuhan adalah anugerah kehormatan setiap orang.”

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.