wordpress com stats plugin
Home » Rancangan Khotbah-PA

Rancangan Khotbah-PA

PENGANTAR

Saudara-saudariku yang terkasih di dalam Tuhan, terutama pemberita Kabar Baik dalam ibadat hari Minggu dan hari-hari besar gerejawi, kami Dewan Pembinaan Teologi Majelis Agung mengucapkan Selamat Tahun Baru 2011. Kami berharap, kiranya Ibu dan Bapak dilimpahi syukur oleh Bapa Sorgawi dalam menjalani tahun yang baru ini.

Hati penuh syukur kita merupakan awalan yang baik. Hati itu bak sebuah bejana tanah liat yang dipenuhi dengan harta sorgawi yang kekal. Bejana tanah liatnya sendiri tidak terlalu berarti. Benar-benar tidak terlalu berarti. Bejana tanah liat memang bisa menjadi takabur, dengan perasaan seolah-olah bejana tanah liat telah berubah menjadi bejana logam. Tetapi, sesungguhnya, tidak pernah terjadi seperti itu. Sekali tanah liat, akan selamanya tanah liat. Kalau boleh disebut berarti, keberartian tanah liat hanyalah karena di dalamnya diletakkan harta karun sorgawi yang berlimpah-limpah banyaknya dan sangat bermutu tinggi. Apa saja jenis harta yang terbaik, terindah, termahal, bahkan sampai tak ternilai dengan ukuran duniawi apapun diletakkan di dalam bejana tanah liat. Juga, bukan tanah liat tertentu seolah-olah merupakan hak istimewa baginya untuk ditempati harta kekayaan sorgawi, sedangkan lainnya ditolak. Melainkan hakikat tanah liat itu berlaku bagi semua manusia. Kalau pun ada pilihan, itu terjadi secara acak saja. Sebab, sesungguhnya semua sama. Hanya tanah liat. Sifat dasar tanah liat, rentan terhadap benturan. Dan, akan tetap rentan. Namun, kerentanan yang diterima akan menjadi hati yang bersyukur. Sembari menjaga agar harta karun padanya tetap cemerlang.

Saudara-saudariku yang terkasih, pemberitaan firman kepada warga gereja menyadarkan hakikat kita sebagai bejana tanah liat. Di dalam bejana kita disimpan harta benda sorgawi. Bahan-bahan di dalam Rancangan Khotbah GKJW bisa jadi masih ditemukan sejumlah kelemahan, salah satu ciri khas bejana yang terbuat dari tanah liat. Biarlah harta benda sorgawi itu yang akan kian cemerlang.

Salam Hormat
Dewan Pembinaan Teologi GKJW

One Comment »

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.