wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Nisbah

19 April 2011 2,187 views No Comment Oleh

Bacaan     : Yohanes 13:21-38
Nats          : Yohanes 13:31
Nyanyian             : KJ 242

“Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.”

Nisbah atau hubungan antara orang tua – anak dan anak – orang tua itu memang sangat erat tak terpisahkan. Apa yang diperbuat anak, entah baik atau buruk, akan sangat berpengaruh terhadap orang tuanya. Seorang anak yang berhasil dalam study atau karir, otomatis akan mengangkat nama orang tuanya. “Kok hebat, anak siapa itu?” Sebaliknya seorang anak yang durhaka, mau tidak mau akan membawa-bawa dan menjatuhkan nama orang tuanya. “Kok kurang ajar, anak siapa itu?”  Oleh sebab itu para anak sudah selayaknya memuliakan orang-tua melalui perbuatannya.

Apapun yang diperbuat Yesus tidak didasarkan pada rasa suka atau tidak suka dari diriNya sendiri. Semua yang dilakukan Yesus selalu dikaitkan dan berdasarkan kehendak BapaNya. Termasuk ketika Ia harus menghadapi penderitaan untuk mati di kayu salib. Secara manusiawi salib itu tentu ingin dihindari tetapi demi ketaatan kepada Bapa Yesus rela menerima dengan sukacita. Bahkan salib yang hina itu justeru dianggap sebagai kemuliaan. Bukan untuk kemuliaan diriNya sendiri melainkan untuk kemuliaan Bapa. Itulah hakikat Anak Allah yang sejati.

Sebagai anak-anak Allah, pada hakikatnya semua orang percaya juga dikehendaki untuk melakukan kehendak Bapa. Tetapi betapa sering pikiran, tutur kata, dan perbuatan kita hanya berangkat dari diri sendiri. Semuanya muncul secara spontan tanpa ada upaya konsultasi dengan Tuhan. Padahal seharusnya, setiap akan berpikir, berkata, dan berbuat kita memohon petunjuk Tuhan. Sehingga apapun yang kita lakukan, tidak keluar dari diri sendiri melainkan sungguh-sungguh selaras dengan kehendak Allah. (Sj)

“Orang yang enggan bertanya adalah orang yang sok tahu atau memang sama sekali tidak tahu”.

Kirimkan Artikel Ini Kirimkan Artikel Ini

Kata Kunci Artikel Ini:

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.