wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Merendahkan Diri Seperti Kristus

5 April 2012 2,413 views No Comment Oleh

Bacaan : Yohanes 13:1-15
Nats       : “…. Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-muridNya” (ayat 5)
KJ            : 158:1

Sikap yang sering dijumpai oleh sebagian pemimpin yang bisa kita amati adalah ia ingin diperlakukan dengan istimewa. Dibukakan pintu mobil oleh sopir, semua keperluan disiapkan, orang yang lewat di depannya mambungkuk memberi hormat, makanan diantar ke ruang kerjanya, semua tinggal perintah saja. Ya, itulah sifat dasar manusia yang mudah mencapai kesombongan ketika kenyamanan hidup sudah didapatkan.

Sungguh jauh berbeda dengan teladan kepemimpinan yang dilakukan oleh Tuhan Yesus. Dengan segala kemuliaanNya, Tuhan Yesus rela merendahkan diri menjadi sama dengan manusia. Tidak hanya sebatas itu, Tuhan Yesus pun mau melayani para muridNya. Pembasuhan kaki yang dilakukan Tuhan Yesus kepada para muridNya adalah bentuk pelayanan sejati yang penuh dengan kerendahan hati. Jika pemimpin dunia ini berlomba mengejar hormat dari semua orang, Tuhan Yesus memberikan teladan sebagai pemimpin yang mau memberi hormat bagi orang yang dipimpinNya.

Besok, kita akan masuk dalam perjamuan kudus Jumat Agung. Melalui peringatan akan kematian Tuhan Yesus di kayu salib ini, patutlah kita semakin diperlengkapi untuk mampu menjadi pribadi yang rendah hati seperti Tuhan Yesus. Penebusan dosa manusia bukan hanya untuk menyelamatkan kehidupan manusia, tetapi juga untuk mengubah hati manusia supaya memiliki kerendahan hati seperti Tuhan Yesus. Orang yang rendah hati selalu rela berkorban untuk orang lain, termasuk mengorbankan gengsinya. [RH]

“Orang yang tinggi hati, merendahkan korban Kristus; orang yang menerima korban Kristus selalu merendahkan diri”

Kirimkan Artikel Ini Kirimkan Artikel Ini

Kata Kunci Artikel Ini:

Comments are closed.