wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Kapok !!

15 October 2013 115 views No Comment Oleh

Bacaan : Lukas 9 : 51 – 56
Pujian : KJ 66
Nats : “Tetapi orang-orang Samaria itu tidak mau menerima Dia..” [ayat 53]

Mobil inventaris Gereja baru saja dicat ulang. Wow…mobil itu jadi terlihat lebih muda dari usianya. Tapi kemulusannya tak bertahan lama. Saya yang baru saja belajar nyetir tak sengaja nyerempet pagar saat bermaksud memasukkan mobil itu ke garasi Gereja. Alhasil… ada bekas lecet yang panjang di mobil itu. Huaduuhhhh…. saya langsung kapok berada di belakang kemudi! Nah, mungkin ada pula kejadian yang tak mengenakkan dalam hidup ini yang membuat saudara merasa kapok dan tak mau mengulanginya. Tapi, pernahkah saudara bayangkan kalau Tuhan kapok dengan kita? Kalau mau jujur, mungkin banyak alasan yang bisa menyebabkan Dia kapok menghadapi kita. Betapa sering kita mengabaikanNya? Betapa dalam kita menyakiti hatiNya? Betapa banyak kita menolakNya?

Bacaan kita hari ini menggambarkan bagaimana Yesus menerima penolakan dari orang-orang Samaria (ay. 53). Memang penolakan ini bukan kepadaNya secara personal, melainkan karena tujuanNya ke Yerusalem dan itu berarti orang Samaria tahu Yesus adalah orang Yahudi (orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria). Tapi, hati siapa yang tak sakit jika ditolak? Mungkin karena itulah Yakobus dan Yohanes menjadi sangat geram. Dua murid ini sampai mengajukan usul yang sangat emosional pada Gurunya, “Tuhan, apakah Engkau mau, supaya kami menyuruh api turun dari langit untuk membinasakan mereka?” (ay. 54). Namun, Dia justru menegor mereka dan memutuskan untuk pergi ke desa lain (ay. 56). Kristus tak kapok! Dia tidak kapok menghadapi orang Samaria yang menolakNya. Pada akhirnya kita tahu bahwa Dia pun menawarkan keselamatan kepada semua bangsa termasuk orang Samaria.

Tuhan kita memang luar biasa! Dia tak pernah kapok menyelamatkan orang-orang yang serba terbatas seperti kita. Hari ini, mari belajar untuk tak lagi mengabaikanNya, tak lagi menyakiti hatiNya dan tak lagi menolakNya. Meski memang Tuhan tak pernah kapok menghadapi kita. [Rhe]

CINTA adalah alasan Tuhan untuk tak pernah jera menghadapi kita

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Kata Kunci Artikel Ini:

jamita lukas 9

Comments are closed.