wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Jujur

3 September 2013 114 views No Comment Oleh

Bacaan : Matius 22:15-21.
Nyanyian : KJ no.422
Nats : “Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah.” (ayat 21b)

Beberapa waktu yang lalu, korps Kepolisian Indonesia dihebohkan dengan tayangan di youtube yang berisi tentang “pemerasan” yang dilakukan seorang oknum polisi yang menilang seorang turis asing. Tanpa diketahui, seorang turis ternyata merekam secara diam-diam kejadian tersebut dan mengunggahnya ke Youtube. Ironisnya turis yang tertilang tersebut didenda 200 ribu rupiah dan sang oknum mengatakan bahwa yang 100 ribu untuk Negara dan yang 100 ribu lagi untuk membeli bir. Kejadian ini tentu saja mencoreng citra polisi, dan oknum tersebut dikenai sanksi hukuman.

Peristiwa di atas adalah sedikit penggalan kisah dari sekian banyak kisah tentang ketidakjujuran dan perlakuan sewenang-wenang dari seseorang yang “berkuasa” terhadap orang yang lebih lemah. Banyak sekali penyimpangan yang terjadi di negeri ini, di mana korbannya adalah selalu mereka yang lemah, miskin dan dianggap minoritas.

Kisah perjumpaan Yesus dengan orang-orang Farisi dan Herodian yang bertanya tentang hal membayar pajak memberikan pencerahan bahwa seharusnya manusia memberikan sesuatu yang menjadi hak orang lain kepada yang berhak menerimanya. Ironisnya bila kita bandingkan dengan kondisi di negara kita, banyak orang yang telah dengan setia memenuhi kewajibannya untuk membayar pajak, namun ternyata justru ada oknum-oknum yang memperkaya diri dengan menggelapkan uang pajak. Uang pajak yang seharusnya dipergunakan untuk membangun kesejahteraan masyarakat justru telah diselewengkan.

Yesus mengajarkan kepada kita untuk bertindak jujur dengan memberikan sesuatu kepada yang berhak menerimanya. Bila semua orang bertindak jujur maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang sejahtera. Marilah kita berupaya menjadi orang yang jujur, takut kepada Allah dan mengasihi sesama dengan keadilan dan tanggungjawab. Amin. [DK]

Orang jujur dilepaskan oleh kebenarannya, tetapi pengkhianat tertangkap oleh hawa nafsunya (Ams 11:6)

 

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.