wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Jangan Ragu

1 August 2014 28 views No Comment Oleh

Waosan  : Ulangan 4 : 32 – 40  |  Nats : Ayat 39  |  Pujian: KJ 396

Di negeri kita Indonesia ada berbagai macam agama dan kepercayaan. Selain agama-agama samawi (Islam, Kristen, Hindu, Budha, Konghucu), ada aliran kepercayaan, ada juga kepercayaan kepada roh-roh nenek moyang, ada banyak dukun. Adanya berbagai macam agama dan kepercayaan ini bisa membuat orang mudah goyah imannya. Kalau merasa tidak mendapat segala sesuatu yang dibutuhkan dan diinginkan, kemudian orang tergoda untuk mencoba kepercayaan yang lain. Kalau agama yang dianutnya dirasa membingungkan, sulit dimengerti, dan kemudian melihat dan mendapat sesuatu dari yang lain, orang lantas pindah agama.

Demikian juga yang dialami oleh bangsa Israel. Ada berbagai agama (dewa-dewa) yang mereka kenal mulai dari Mesir dan sepanjang perjalanan mereka menuju ke tanah Kanaan. Di tanah Kanaan yang dijanjikan kepada mereka, juga ada banyak agama-agama lokal. Agama-agama itu mempengaruhi keyakinan mereka. Iman mereka mudah jadi goyah, terutama ketika mereka mengalami hidup yang sulit dan menderita, walaupun mereka sudah pernah mendengar, melihat dan mengalami sendiri kuasa dan kasih Tuhan.

Karena itu, mereka diingatkan tentang Tuhan dengan segala kuasaNya yang sudah dinyatakan dalam kehidupan mereka. Nabi Musa mengingatkan mereka kembali bahwa tidak ada tuhan yang begitu tinggi mau turun mendekati manusia, selain Yahweh. Dia yang tak terjangkau itu bisa dilihat di depan mata. SuaraNya bisa didengar menurut bahasa dan pengertian manusia. Karya-karyaNya begitu ajaib mengherankan semua orang, menyatakan kasihNya kepada umatNya.

Mungkin kita juga kadang-kadang meragukan Tuhan, walaupun kita sudah pernah, mungkin bahkan berkali-kali mendengar, merasakan dan mengalami wujud kasih sayangNya. Ketika kita mengalami keraguan, mari kita mengingat-ingat segala sabda, karya, kasih dan kepedulianNya yang sudah dinyatakan kepada kita. Dengan begitu kita akan dengan senang hati mentaati perintahNya dan melakukan kehendakNya. [ST]

“Ingatlah sabda, karya dan kasihNya, ketika anda meragukanNya.”

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.