wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Jangan Ragu !

19 December 2011 466 views No Comment Oleh

Bacaan : Lukas 1:5-25
Nats: Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya. (ayat 18)
Pujian: KJ 93

Sekalipun memiliki jabatan sebagai seorang imam, namun ternyata tidak menjamin seorang Zakharia menjadi seorang yang tidak pernah ragu akan kuasa Tuhan. Ketika sekian lama dia bersama istrinya, Elisabet, tidak bisa mempunyai anak, dan tiba-tiba Tuhan berfirman akan memberinya anak, dia mempertanyakan hal itu. Mungkinkah? Bagaimana mungkin ?

Namun, jangan buru-buru kita menyalahkan Zakharia begitu saja. Sebab Zakharia adalah simbol manusia yang tidak bisa melepaskan logika berpikirnya. Zakharia mewakili kita semua, manusia yang cenderung menyikapi hidup dengan berpikir dan ber-logika. Namun justru di sanalah letak kelemahan Zakharia, dan tentu kita semua, ketika pada akhirnya berhadapan dengan kuasa dan kehendak Tuhan. Kehendak dan kuasa Tuhan terlalu luas untuk kita kurung dalam logika dan rasio, seberapapun juga pandainya kita. Dalam tinjauan medis, mustahillah wanita yang berusia lanjut untuk dapat memiliki anak. Namun dengan kuasa Tuhan, apa yang tidak bisa terjadi ?

Zakharia pun dihukum oleh Tuhan, karena dia memilih untuk tidak percaya kepada Tuhan. Ketidak-percayaan Zakharia harus dibayar mahal, sebab dia harus menajdi bisu sampai semua nubuatan malaikat Gabriel dinyatakan. Hal ini juga hendak menunjukkan bahwa kuasa Tuhan sungguh-sungguh berada jauh di atas kedigdayaan manusia di bumi.

Ketika kita menyadari hal itu, akan sangat bijak jika kita, sekalipun sulit untuk melogika dan menalar kehendak Tuhan dalam kehidupan ini, untuk mau setia. Kesetiaan kita menurut pada aliran kehendak Tuhan, jauh lebih berguna daripada logika kita. Sebab setia, senantiasa membawa kita pada penyerahan diri dan hidup yang total kepada Tuhan, tanpa harus melawan kehendak-Nya dengan apa yang kita punya. Setialah, maka engkau akan mendapatkan berkat !

Berikanlah kepada kami kemampuan untuk mau setia kepada-Mu ya Tuhan, agar hidup kami diberkati. [CS]

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.