wordpress com stats plugin
Home » Berita

GKJW Tahbiskan Empat Pendeta Baru

24 February 2009 5,232 views 14 Comments Oleh

Pentahbisan pendeta GKJWMinggu, 22 Februari 2009, Greja Kristen Jawi Wetan mentahbiskan empat pendeta baru. Pentahbisan pendeta baru ini dilaksanakan di GKJW Jemaat Sukun bersamaan waktunya dengan pelaksanaan Sidang Istimewa Majelis Agung GKJW Ke-100, 19-22 Pebruari 2009.

Ke-empat pendeta baru itu ialah Pdt. Sarwindra Rusdiahwati, S.Si., Pdt. Dadi Wirawan, S.Si., Pdt. Suyono, S.Si., dan Pdt. Eric Yoseph P.P.D.P. S.Si. Mereka dianggap telah cukup menjalani masa vikariat sesuai dengan peraturan di GKJW. Pdt. Sarwindra Rusdiahwati, Pdt Dadi Wirawan, Pdt Suyono, dan Pdt Eric Yoseph sebelumnya menjalani masa vikariat terakhir di GKJW jemaat Segaran, GKJW jemaat Mojokerto, GKJW jemaat Darmo dan di GKJW jemaat Pujiharjo.

Kebaktian dipimpin oleh tiga orang pendeta. Pdt. Yetty Anggraeni sebagai Liturgos, Pdt. Drijandi L. Sigilipoe sebagai pelayan firman dan Pdt. Iman Santosa Pura sebagai pemimpin tahbisan pendeta baru. Firman Tuhan diambil dari Yohanes 3 : 1-6 tentang Nikodemus. Ia adalah seorang yang terpandang dalam masyarakat Yahudi – sangat mengenal Tata Pranata Yahudi. Ia kaya dan menjadi pendukung pelayanan Tuhan Yesus. Bisa dikatakan tidak ada yang kekurangan dari kehidupan Nikodemus. Tetapi baginya, semua itu tidaklah cukup. Ketika berjumpa dengan Tuhan Yesus, ia tahu bahwa ia harus lahir kembali. Dalam sapaan Tuhan, ia menyadari bahwa proses pencarian jati diri bersifat terus-menerus. Nikodemus mengalami pencerahan batin bahwa kelebihannya bukanlah “kemapanan” yang senantiasa membuatnya nyaman, tetapi proses memperbaharui hidup harus dilakukan sepanjang hidup. Siapapun yang ingin lahir baru bukan lagi dikenakan pertanyaan mungkin ataulah tidak mungkin, tetapi mau ataukah tidak mau.

Dalam prosesi tahbisan, keempat pendeta baru tersebut menyatakan komitmennya dihadapan Tuhan dan jemaat. Janji setia dinyatakan dalam pujian Kidung Jemaat no. 369a.

Dalam sambutan seusai ibadah, Ketua Majelis Agung GKJW Pdt.Iman Santosa Pura mengatakan bahwa tugas menghantar keempat Pendeta ke garis start telah selesai. Selanjutnya mereka akan memulai perjalanan panjang pelayanan sampai ke garis finish.

Pdt. Sarwindra selanjutnya ditempatkan di jemaat Jatiwringin-Kediri. Pdt.Dadi Wirawan bertugas melayani jemaat Tambakasri-Malang Selatan. Pdt.Eric di jemaat Kalangbret-Tulung Agung, sedangkan Pdt.Suyono melayani jemaat Pundung Sari-Lumajang.

pendeta GKJW dan punakawanIbadah tahbisan tersebut sangat kental dengan nuansa jawa dengan hadirnya alunan gamelan dan Punakawan. Punakawan menitipkan pesan kepada pendeta baru yang akan mengawali pelayan supaya memiliki Lurus Laras Sih Respati ( pikiran lurus/benar, ucapan yang baik/membangun dan tindakan yang bersih). Menjadi pendeta hendaknya memiliki kepemimpinan Ing ngarsa sung tuladha, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani, (sebagai imam, guru dan nabi), Matius 7 : 17 (berupaya untuk senantiasa menghasilkan kebaikan dalam pelayanan).

Ibadah ini juga “dimeriahkan” dengan Band pemuda jemaat Sukun “Masehi”,VG Harmonik,PS Marsudi Waluya,VG Pemuda Sukun dan PS Jemaat Sukun.

Kirimkan Artikel Ini Kirimkan Artikel Ini

Kata Kunci Artikel Ini:

14 Comments »

  • Pdt. Jonet Soedarmoko said:

    ayo adhi-adhiku sing saiki wis dadi kancaku nyambut gawe…padha nyambut gawe sing tenanan, terus sinau lan nglakoni Tata Pranata GKJW ben dadi pendita GKJW sing ngerti jalure….

  • k. danié said:

    wah, Ibu Pdt Nicky jadi wartawan tulis ki…
    keren..!

    heheeh

  • Kris - AE Lor said:

    AKHIRNYA….DATANG JUGA!!!
    SELAMAT BERGABUNG DI BARISAN BERKOLAR DAN BERTOGA, Sahabat…

    Dadi : kelakon mimpimu 10 tahun lalu..
    wati : hidup perempuan…!!
    EYYPDP : ingat timbangan ya.. ojo tambah berbobot..
    M’Yono : naik-naik ke puncak gunung… semoga kuat sampai puncak. apa perlu numpak jaran, kaya mas Jojo pas ke bromo waktu itu…

    pokoke selamat ya.. nggak sabar ketemu kalian lagi….!!

    salam,
    kris

  • Lintang said:

    Sugeng rawuh…
    Ayo, padha nyambut gawe ning ladange Gusti. Moga-moga kita semua tidak meniru yang tidak baik pada yang sudah ada, dan mengembangkan yang sudah baik. Ber-kolegialitas, tidak perlu memakai konsep-konsep tinggi, tapi nyatane ora ana babar pisan. Jarena padha pendhitane kudu rukun, ‘njekethek’ padha rasan-rasanan di punggung bagian belakang. Mungkin lebih baik disederhanakan saja, sing penting : elingo, dulur pendhita-mu akeh eram… Yen pas lunga ning luar kota, ampirono… That’s enough ! Barulah dari situ, kolegialitas kita berkembang, berbuah, dan teruji.
    Hidup kalian !

  • didit said:

    SELAMAT BUAT PARA PENDETA BARU GKJW.
    SELAMAT MEMIKUL SALIB TUHAN DI TANAH PELAYANAN GKJW.

  • bayu said:

    selamat atas pelantikannya….

    smoga anda2 semua bisa menjadi seorang pemimpin sekaligus pelayan di gkjw.

  • Gkjw Pacitan said:

    SELAMAT ATAS PENTAHBISAN PENDETA BARU GKJW.

  • agung said:

    salam selamat
    sory telat

    sugeng ngeladosi
    salam buat semua

  • Rhe said:

    Wah mbak nicky hebat jd penulis niy skr?:)

    selamat buat smuanya yak.GBU

    BR//Rhe

  • Enggar said:

    Selamat bergabung saudara-saudariku…..buat warna yang lebih indah di bumi GKJW.Merdeka!!!

  • Campursari ing Ibadah Tahbisan Pendhita | gkjw.web.id said:

    [...] Paskah 2009 iki GKJW nampa berkah pendhita mudha papat, yaiku Eric Yoseph Pangarapen  Pradana Dionoputra,  Sarwindra Rusdiahwati (28) saka Malang, [...]

  • andrie said:

    selamat ya Bpk dan Ibu Pendeta yang baru dilantik.

    Tuhan berkati.

  • Tahbisan Tiga Pendeta Baru | gkjw.web.id said:

    [...] 28 Juni 2009, GKJW kembali menthabiskan pendeta baru ditengah-tengah Sidang MA Ke- 101/2009 di MD Surabaya Timur II.  Ketiga pendeta baru itu ialah: [...]

  • novita said:

    Semoga pendeta GKJW yg baru dilantik, kalau khotbah tidak membuat orang bosan dan ngantuk…
    Mohon kalo khotbah yg interaktif, diselingi dengan humor yg bisa menyegarkan suasana, dan yang paling penting, mohon kalau khotbah tidak nyontek atau membaca contekan….
    Kalau Bapak atau ibu pendeta masih khotbah sambil membawa contekan, anak SMP pun bisa melakukannya…
    GBU…

Leave your response!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.