wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

FPK

1 March 2015 36 views No Comment Oleh

Bacaan : Roma 8: 31-34   |   Nyanyian: KJ 416

“Kristus Yesus…, yang malah menjadi Pembela bagi kita” (ay. 32)

Beberapa bulan yang lalu, kita kembali disuguhi berita tentang kerusuhan yang dilakukan oleh salah satu Ormas berbasis Agama tertentu saat menyatakan penolakan mereka terhadap Basuki Cahaya Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta. Banyak respon yang diberikan oleh masyarakat melalui media sosial. Memang ada yang mendukung Ormas itu dengan alasan tak pantas orang yang bukan berasal dari agama mayoritas memimpin daerah sepenting DKI Jakarta. Namun, lebih banyak yang menyayangkan terjadinya kerusuhan itu dan berharap agar Ormas yang sudah sering terlibat kerusuhan di berbagai kesempatan itu dibubarkan saja. Lalu bagaimana menurut saudara, apakah harusnya kita mendukung pembubaran Ormas itu atau….bagaimana kalau kita dirikan saja Ormas tandingan? Dinamai FPK, Front Pembela Kristus kayaknya keren juga!

Tapi, tampaknya Rasul Paulus akan jadi orang pertama yang menolak keras pembentukan FPK ini. Dalam suratnya ke Jemaat di pusat dunia saat itu (Roma), ia menyampaikan sebuah pemahaman teologis yang menarik. Jika biasanya para penganut agama atau keyakinan tertentu akan membela Tuhan-nya mati-matian, Paulus justru mengungkapkan yang sebaliknya. Bahwa Kristus tak perlu dibela, justru Kristuslah yang menjadi Pembela kita! Itu bukan hanya pemahaman atau keyakinan Paulus saja. Itu disaksikan dan dialami langsung oleh Paulus, ketika dia menganiaya Jemaat Kristus. Tuhan Yesus membela Jemaat kekasihNya, yang dianiayanya, dengan datang menangkap Saulus (Paulus lama). Ya, Kristus yang pernah merasakan derita, mati dan bangkit lagi itulah yang menjadi Pembela kita (ay. 34). Mengapa Ia mau jadi Pembela kita? Sederhana, hanya karena Tuhan sudah memilih kita jadi umatNya (ay.33). Jadi, Paulus mengingatkan Jemaat Roma dan juga kita saat ini bahwa meski ada penindasan, kesesakan atau bahkan penganiayaan kita tak perlu gentar. Karena Kristus sendiri yang berdiri di garda terdepan untuk membela kita.

Kalau sudah begini apa masih perlu kita dirikan FPK? Menurut saya sih tak perlu, karena sebenarnya FPK sudah ada sejak dulu. Ah…masak? Iya….bener! ‘Kan sudah ada Front Pembela Kita. (Rhe)

“Seorang Pembela haruslah lebih kuat daripada yang dibela.”

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Kata Kunci Artikel Ini:

fpk ormas atau bukan

Comments are closed.