wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Ego VS Soul

11 October 2015 46 views No Comment Oleh

Bacaan: Ibrani 4:12-16 | Pujian: KJ 255
Nats: “Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun;…” (ay.12)

Ego merupakan sebuah singkatan dari bahasa Inggris, yaitu: Edge (tepi, pinggir,  kata kerja: edging: meminggirkan, mengusir), God (Tuhan) dan Out (Keluar).
Sehingga kata EGO yang sering dipahami sebagai memenuhi keinginan sendiri, sesungguhnya bermakna lebih dalam dari itu. EGO berarti mengusir Tuhan dari dalam diri manusia, sehingga apapun yang dikerjakan hanya menurut pikiran sendiri, jauh dari Tuhan.
Soul, adalah jiwa, nyawa, sukma, roh di mana ada Tuhan Yesus dan kebenaran firmanNya yang berdiam di dalam soul.

Ego dan Soul pasti ada dalam hidup manusia. Bagaimanakah keduanya berperan? Mari kita renungkan! Manakah yang lebih dominan berperan dalam kehidupan kita?

Puji Tuhan! (dibaca dengan rasa syukur yang dalam). Melalui Ibrani 4:12-16 kita diberikan kekuatan baru, untuk mengalahkan ego dalam diri kita, dan membiarkan soul menuntun hidup kita. Ayat 12 menjelaskan bahwa Firman Allah mempunyai kekuatan yang tajam. Firman Allah itu memampukan kita membedakan pertimbangan sesuai pikiran kita (di mana ego yang bekerja) ataukah sesuai hati kita (di mana soul yang bekerja). Maka tidak perlu lagi malu mengakui bahwa kadang kala ketika ego bekerja, maka itu akan melemahkan hidup kita. Bahkan ketika ego bekerja secara diam-diam dan manusia mengatasnamakan itu sebagai soul, pada akhirnya semua itu harus dipertanggungjawabkan kepada Allah (ay. 13). Tetapi kita tidak perlu lagi kuatir dengan pertentangan EGO dan SOUL di dalam diri kita. Tuhan Yesus sangat memahami pertentangan yang kita rasakan. Karena Tuhan Yesus pun pernah mengalami pertentangan yang kita rasakan. Bedanya bahwa Tuhan Yesus tidak pernah jatuh di dalam dosa dengan menuruti kepada ego. Karena itulah, dengan hidup beriman kepada Sang Kristus, kita dimampukan mencari kasih karunia untuk mendapatkan pertolongan Tuhan Yesus. PertolonganNya memenangkan kita menghancurkan ego, dan tunduk kepada soul. [dee]

“Setia melakukan firman Tuhan adalah kunci ketenangan hidup.”

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.