wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Edan’e Saduluran

13 July 2013 240 views No Comment Oleh

Bacaan : Kisah Para Rasul 17 : 16-34.
Nyanyian : KJ 448
Nats :
Karena itu di rumah ibadat ia bertukar pikiran dengan orang-orang Yahudi dan orang-orang yang takut akan Allah, dan di pasar setiap hari dengan orang-orang yang dijumpainya di situ(ayat 17)

Ada seorang teman gereja memelesetkan judul lagu KPK 319 (Endahe Saduluran) menjadi Edan’e Saduluran. Ini terinspirasi ketika dia menjaga seorang teman sejemaat yang baru saja mengalami kecelakaan sehingga jari tangannya harus dioperasi. Semalam suntuk dia menemani. Tak ada rasa capek apalagi kantuk. Walau hanya teman sejemaat, tapi yang dia rasakan melebihi apa yang dirasakan dari sanak saudara kandung sang teman yang sedang ada di kamar operasi.

Teman saya itu merasakan betapa dahsyatnya kualitas persaudaraan yang dipersatukan oleh darah dan tubuh Kristus. Bahkan mungkin hampir sama dahsyatnya dengan kualitas persaudaraan sedarah dan sedaging secara badani. Karena kedahsyatannya itulah dia bersaksi bahwa dengan persaudaraan yang sejati membuat dia mau melakukan segala sesuatu. Edan bukan?

Rasul Paulus bersaksi tentang kedahsyatan persekutuan antar saudara seiman. Ketika dia bersedih menyaksikan kota Atena dengan segala sikap para penduduknya yang menyembah berhala. Yang dilakukan Rasul Paulus selanjutnya adalah berkumpul, bersekutu dengan orang-orang yang takut akan Allah. Dalam persekutuan inilah, Paulus berdoa bersama dan saling menguatkan. Tentu dalam persekutuan itu, dia berdiskusi dan berupaya mencari solusi terbaik, untuk kebaikan kota Atena. Dengan bersama-sama, tentu segala hal dapat ditanggung lebih mudah. Bukankah demikian?

Apakah kita juga merasa memiliki kualitas persekutuan yang sedemikian baik, bersama saudara-saudara yang takut akan Tuhan? Dengan persekutuan yang indah, kita saling menghibur, saling menguatkan dan saling membangun. Segala persoalan akan menjadi lebih mudah diselesaikan. Yang pasti, kita tidak akan pernah sendiri ketika sedang mengalami tantangan hidup. Karena ada banyak pribadi yang mendukung dengan cinta kasih. [Oka]

Endah ing Saduluran, edan tanpa sadulur.

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Kata Kunci Artikel Ini:

sadulur web id

Comments are closed.