wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Bulat, Kotak atau Lonjong?

7 September 2015 47 views No Comment Oleh

Bacaan : 1 Raja – raja 1 : 5 – 31 | Pujian: KJ 360
Nats: “Selama hidup Adonia ayahnya belum pernah menegor dia dengan ucapan “Mengapa engkau berbuat begitu?” [ayat 6]

Dorothy Low Nolte pernah mengungkapkan bahwa anak-anak belajar kepada siapa dia tinggal bersama. Dia menjabarkan, jika anak terbiasa dicela, ia akan terbiasa menyalahkan. Jika anak dikatai rasa iri, ia akan terbiasa merasa bersalah. Jika anak banyak dimusuhi, ia akan terbiasa menantang. Jika anak banyak diberi dorongan, ia akan terbiasa percaya diri. Jika anak ditimbang tanpa berat sebelah, ia akan terbiasa melihat keadilan.
Menjadi apa dan siapa seseorang ketika dewasa, sangat dipengaruhi sejarah perjalanan hidupnya. Apakah bentuknya akan kotak, bulat, lonjong, segi tiga tergantung dengan siapakah anak-anak tersebut tumbuh.

Secara ideal, anak-anak sepatutnya tumbuh dalam lingkungan yang menularkan hal-hal yang baik. Sehingga anak-anak dapat tumbuh dan dewasa dengan hal-hal positif yang melekat pada dirinya.

Adonia, anak Hagit diceritakan mau menjadi Raja menggantikan Daud. Dan rupanya sang ayah selama hidup Adonia belum pernah menegur mengenai tindakan yang dilakukan oleh anaknya. Sehingga tidak mengherankan ketika Adonia bertindak untuk mengukuhkan jabatan Rajanya, sang ayahpun tidak memberikan teguran. Semua tentu sepakat bahwa tindakan Adonia merupakan tindakan yang tidak pantas bahkan merupakan suatu kejahatan. Dan karakter Adonia ini bergantung pada masa kecil Adonia. Bergantung tularan positif atau negatif yang didapatnya.

Anak adalah berkat yang dipercayakan Tuhan kepada semua orang tua. Dan ucapan syukur akan berkat Tuhan salah satunya dapat diwujudkan dengan menjaga berkat Tuhan selalu dalam keadaan baik, bertambah baik. Maka biarlah kita menjadi umat yang senantiasa menjaga berkat Tuhan dengan meneladankan hal-hal yang baik dalam hidup. Dan biarlah berkat Tuhan itu nantinya mampu untuk menjadi teladan bagi berkat-berkat lain yang Tuhan berikan. [ardien]

“Kebahagiaan akan terasa lebih manis lewat perjuangan sepenuh hati.”

 

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.