wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Berusaha Dalam Kesulitan

11 November 2012 522 views No Comment Oleh

Bacaan :1 Raja-raja 17: 10-16.
Pujian: KJ 251: 1-4
Nats: “Lalu pergilah perempuan itu dan berbuat seperti yang dikatakan Elia; maka perempuan itu dan dia serta anak perempuan itu mendapat makan beberapa waktu lamanya.”  (ayat. 15)

Pada tahun 1998 ketika dunia dilanda krisis moneter, semua harga bahan-bahan melonjak sangat tinggi, termasuk harga pakan ternak.Banyak usaha peternakan gulung tikar. Tetapi mertua saya, di tengah kesulitan usaha itu, melakukan usaha membuat pakan ternaknya sendiri, tidak membeli pakan jadi. Walaupun usaha itu sulit dan tidak tahuh persis apakah usaha itu akan benar-benar menolong, usaha itu tetap dilakukan. Akhirnya, dia berhasil dan tetap bertahan dalam usahanya.

Bacaan kita di atas menunjukkan bahwa janda Sarfat itu melakukan suatu usaha dalam kondisi kesulitannya. Dia mencari kayu bakar untuk memasak makanan. Usaha itu tetap dilakukan walaupun menurut hitungannya, setelah makan roti yang akan dimasaknya dia dan anaknya akan segera mati karena tidak ada lagi yang bisa dimakan. Namun setelah dia melakukan apa yang diminta oleh Nabi Elia, memasak makanan, berbagi makanan itu dengan Elia yang juga sedang kelaparan. Ternyata yang terjadi berbeda sekali dengan hitungan manusia. Mereka bertiga dapat makan dan bahan masakan janda itu tidak habis. Sehingga, janda dan anaknya itu masih bisa makan beberapa waktu lamanya. Kita tentu pernah berada dalam kesulitan hidup, walaupun berbeda dengan kesulitan janda Sarfat itu. Di tengah kesulitan hidup itu, kita mendapat pelajaran hari ini: 1) melakukan suatu usaha, walaupun usaha itu menurut perhitungan kita mungkin tidak banyak hasilnya. Kita lakukan saja, jangan keburu menyerah. Tuhan yang akan memberkati usaha kita. 2) melakukan apa yang dikehendaki dan diperintahkan Tuhan kepada kita, yang diberitahukan kepada kita baik secara langsung atau melalui Alkitab atau pun melalui hambaNya. 3) tetap berbagi berkat Tuhan dengan sesama yang juga sedang dalam kesulitan, walaupun yang dapat kita bagikan hanya sedikit saja. [ST]

Tuhan memberkati orang yang gigih berjuang dalam kehendakNya.

Kirimkan Artikel Ini Kirimkan Artikel Ini

Comments are closed.