wordpress com stats plugin
Home » Pancaran Air Hidup

Berjuang Demi Kristus

7 June 2014 40 views No Comment Oleh

Bacaan: Kisah Para Rasul 11: 19-13:3    |   Nyanyian: KJ 339

“..banyak saudara-saudara telah tersebar karena penganiayaan yang timbul sesudah Stefanus dihukum mati” (ay. 19)

Kita pasti pernah mendengar nama-nama pejuang bangsa seperti Gandhi, Nelson Mandela atau Soekarno. Kesamaan dari ketiga orang tersebut adalah bahwa mereka berjuang untuk bangsa dan negaranya. Meskipun harus merasakan dinginnya sel penjara, dikucilkan, diasingkan atau dibuang, namun semua itu tak menyurutkan semangat mereka untuk menggapai impian luhur mereka demi kebebasan bangsa yang mereka perjuangkan. Bersyukurlah bahwa bangsa India, Afrika Selatan dan Indonesia, kini dapat merasakan hasil perjuangan mereka.

Demikian pula halnya bagi jemaat mula-mula, penderitaan seolah-olah adalah sebuah sega-jangan(=makanan sehari-hari). Setelah Stefanus dibunuh, lalu Yakobus juga dieksekusi dan setelah itu rupanya Petrus juga menunggu dalam daftar antrian untuk dieksekusi. Bayang-bayang kematian seolah-olah tengah membayang-bayangi para murid. Sebagian di antara mereka bahkan tersebar ke tempat yang jauh (ayat 19). Petrus yang ditangkap dan dipenjarakan, secara hitungan manusiawi, tidak memiliki harapan untuk hidup. Hanya tinggal menunggu waktu saja. Namun rupanya  mujizatpun terjadi, Petrus dilepaskan oleh Tuhan dari bahaya kematian. Yang menjadi pertanyaan sekarang ini adalah: Apakah hal seperti ini hanya terjadi pada zaman itu saja? Ataukah sampai saat ini masih terjadi?

Penganiayaan tentu saja dapat terjadi sepanjang sejarah kehidupan orang-orang Kristen. Oleh karena namaNya, maka semua orang akan membenci murid-murid Kristus (Luk 21:17).  Namun kita patut bersyukur bahwasanya perjuangan mereka betul-betul dilakukan dengan kesungguhan hati, meskipun mereka tahu betapa besar bahaya dan resiko yang harus mereka tanggung.

Sekarang kita dapat merasakan buah perjuangan mereka. Roh Allah yang bekerja di dalam diri mereka, telah menggerakkan mereka, sehingga Injil Kristus tersebar ke seluruh penjuru dunia. Itu artinya, keselamatan dari Allah sedang menjangkau seluruh umat manusia, sehingga setiap bangsa akan berjalan dalam terang Tuhan. Amin. [DK]

“Sebuah keberhasilan akan memiliki makna yang dalam apabila dilalui dengan cucuran air mata”

Bagikan Artikel ini:
facebooktwittermail

Comments are closed.